}
Assalamu'alaikum sobat,SELAMAT DATANG YA DI BLOG KU,SALAM KENAL DARIKU "ARIS STIAWAN"

Rabu, 17 Oktober 2012

ARTIKEL-ARTIKEL KOMPUTER MASYARAKAT

 Artikel I

"Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Komunikasi Dan Cara Menyikapinya"

              Perkembangan dunia teknologi khususnya komunikasi tentunya telah banyak membantu berjuta-juta penduduk dunia untuk saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Bahkan semakin lama, kita dapat berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun relasi bisnis kita dengan harga yang murah dan dengan kualitas yang cenderung meningkat.
Namun teknologi ini untuk sebagian orang justru memberikan dampak negatif terhadap kualitas dari hubungan yang mereka jalin. Bagaimana tidak, belakangan ini masyarakat lebih nyaman mengumpulkan teman-teman didunia maya daripada aktif pada kegiatan-kegiatan organisasi riil yang dapat memberikan kualitas hubungan pertemanan yang lebih kongkrit dan intents.
Ambil saja facebook sebagai cotoh kasusnya. Banyak orang yang memiliki ratusan atau bahkan ribuan teman difacebook tapi di dunia nyata, mereka hanya memiliki beberapa orang teman dekat yang menemani keseharian mereka. Inilah salah satu dampak negatif facebook yang sampai sekarang mungkin belum disadari oleh beberapa orang. Mereka telah kehilangan kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat dan cenderung nyaman dengan kehidupan online. Padahal jika terjadi suatu hal yang krusial pada kehidupan kita, yang bisa membantu kita bukanlah orang-orang yang kita kenal didunia maya tapi orang-orang yang hidup disekitar kita.
Oleh karena itu, mari kita imbangi kehidupan aktif kita didunia maya dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang intents dengan masyarakat yang ada disekitar kita. Dengan demikian kita tidak akan terkotak-kotakkan oleh hubungan yang sempit dan kita tidak akan kehilangan kemampuan berkomunikasi dengan yang lain.
Diakhir  artikel ini, saya akan memberikan dua tips ringan untuk memanfaatkan teknologi sehingga kita mendapatkan sebuah kualitas hubungan yang baik dengan teman-teman kita. Berikut adalah tipsnya :
Gunakan teknologi yang anda kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents dengan  teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang mutualisme atau saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
Jika anda ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan istilah kopdar atau kopi darat. Komunitas seperti inilah yang benar-benar akan mengasah kemampuan komunikasi anda karena komunitas-komunitas ini seringkali memberikan kita inspirasi dan dukungan yang optimal pada kehidupan anda.

Artikel II

                                             Teknologi Proteksi CD Melawan Pembajakan
Maraknya kasus pembajakan yang terjadi terhadap hak cipta, khususnya terhadap produk-produk lagu, film, atau software komputer memprihatinkan banyak pihak. Di Amerika hukum tentang kasus-kasus pembajakan sudah dikatakan cukup mapan untuk menjerat sang pelaku, walaupun ada beberapa pertentangan khususnya “pembajakan” (baca: copy) untuk keperluan sendiri (personal use). Napster adalah salah satu situs yang memberikan layanan download gratis lagu-lagu MP3 dituding telah melanggar hak cipta (copyright). Walaupun pihak Napster berdalih apa yang mereka lakukan, dengan memberikan free download lagu-lagu, adalah sah karena mereka tidak menarik bayaran sedikitpun atau tidak melakukan perdagangan. Hal demikian dilindungi oleh undang-undang  (The 1992 Audio Home Recording Act), demikian pihak Napster memberikan sanggahan.
Contoh di atas adalah salah satu contoh kasus yang banyak mendapat sorotan, khususnya dari Recording Industry Association of America (RIAA) dan menjadi perhatian dunia sebagai sebuah pelajaran bagaimana menegakkan hukum perindungan hak cipta. Namun di balik “ribut-ribut” tentang hukum hakcipta dan penegakannya, pihak industi rekaman di Amerika juga berusaha menemukan teknologi untuk memproteksi lagu/film yang mereka rekam. Beberapa Indutri besar seperti, Universal Music Group, Sony, juga telah mengembangkan teknologi proteksi dari pembajakan, baik hasil rekaman dalam bentuk pita kaset atau CD/DVD. Beberapa industri rekaman lain menggandeng pihak ketiga (softwarehouse, vendor, dll) untuk menemukan teknologi proteksi baik secara software maupun hardware.
Teknologi proteksi terhadap karya cipta sudah banyak dikembangkan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang lagu/musik, film dan software komputer. Karena ketiga jenis produk tersebut, akbibat kemajuan teknologi, sudah sulit untuk dipisahkan dalam arti bahwa ketiga menggunakan teknologi yang hampir sama. Seperti hasil karya musik yang dulunya disimpan di dalam pita kaset, kita sudah disimpan dalam CD. Demikian pula film yang dulu disimpan pada pita kaset 8mm kini juga sudah dikemas dalam CD atau DVD. Secara kasat mata kita melihat bentuk media penyimpan data-data tersebut hampir sama yaitu berupa piringan yang terbuat dari plastik yang dilapisi bahan-bahan lain sehingga dapat menyimpan data. Walaupun kapasitas dari media-media tersebut dapat berbeda jauh serta format data yang digunakan juga bisa sangat berbeda jauh.
Judul Tulisan
“Teknologi Proteksi CD Melawan Pembajakan”
Maksud dan Tujuan
Tulisan ini disusun dengan maksud:
Memberikan informasi kepada para pembaca mengenai teknologi proteksi pada media CD (compact disc) dalam usaha untuk menghindari pembajakan karya cipta (copyright),
Memberikan wacana tentang perlindungan hak cipta terhadap produk-produk yag dikemas dalam CD pada khususnya.
Mendukung dalam upaya memasyarakatkan HaKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang sedang gencar dipromosikan oleh Pemerintah Indonesia.
Tujuan yang akan diinginkan:
Tercerahkannya masyarakat akan teknologi untuk memproteksi karya cipta khususnya dalam bentuk compact disc (CD),
Munculnya kesadaran masyarakat  untuk menghargai hasil karya cipta,
Munculnya hasil-hasil riset dari para ilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat,
Munculnya rasa tanggung jawab bersama dalam usaha mengurangi pembajakan.
Rumusan Masalah
Sebagaimana pada bagian latar belakang digambarkan bahwa perangkat hukum saja tidak cukup untuk membatasi kegiatan pembajakan karena kemajuan teknologi berkembang dengan sangat pesat, sehingga hukum yang sudah dibuat terasa cepat usang untuk dapat menjerat para pelaku pembajakan.
Terlepas dari usaha-usaha yang dibuat dalam bentuk perundangan, regulasi dan sebagainya untuk memberantas pembajakan, dari sisi teknologi juga terjadi ‘pertempuran’ antara teknologi proteksi dan teknologi ‘pemecah’ proteksi (un-protection). Teknologi proteksi memang selangkah lebih maju, namun satu langkah ke depan tersebut tidak mampu meninggalkan teknologi ‘pemecah’ proteksi yang mengikutinya hanya dalam hitungan mingguan saja. Saat suatu teknologi proteksi dilempar ke pasaran dalam beberapa minggu sudah muncul teknologi ‘pemecah’-nya.
Para pakar dunia akhir menarik kesimpulan bahwa perundangan dan teknologi masih belum mampu mengurangi apalagi memberantas pembajakan. Sehingga pendekatan yang digunakan adalah meng-edukasi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran komunal untuk menghargai karya cipta seseorang. Apakah pendekatan ini akan berhasil? Perlu waktu untuk membuktikannya.
Pembatasan Masalah
Untuk memberikan penekanan khusus agar tulisan mencapai sasaran maka dilakukan pembatasan pada penulisan dokumen ini, sebagai berikut:
Pembahasan tentang perundangan, regulasi, hak cipta dan sebagainya tidak dibahas secara mendalam
Sistem proteksi yang dibahas difokuskan pada media CD/CD-ROM karena media-media lain seperti DVD merupakan teknologi turunan dari CD
Teknologi proteksi atau teknologi ‘pemecah’ proteksi yang dimaksudkan dalam dokumen ini hanya ditampilkan proses umumnya saja yang bersifat informatif kepada pembaca, bukan ditujukan untuk praktis.
Sistematika Penulisan
Penulisan dokumen ini disusun dalam beberapa bab, dimana tiap bab dapat dibaca sebagai satu kesatuan informasi tanpa perlu tergantung pada bab sebelumnya. Sehingga pembaca dapat membaca informasi dari bab tertentu saja. Adapun sistematika  penulisannya disusun sebagai berikut:
o   Bab I Pendahuluan berisi latar belakang, maksud dan tujuan, rumusan masalah, pembatasan masalah, dan sistematika penulisan ini sendiri. Bab ini memberikan gambaran umum mengenai isi dari dokumen.
o   Bab II Isu Seputar Proteksi dan Pembajakan, dalam bab ini dijelaskan beberapa usaha yang dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap hak cipta baik produk lagu, film, maupun software komputer. Contoh kasus lebih banyak terjadi di Amerika.
o   Bab III Tentang Compact Disc, bab ini berisi segala sesuatu mengenai compact disc yang harus diketahui sebagai dasar pengetahuan.
o   Bab IV Manufaktur CD, bab ini menjelaskan bagaimana proses pembuatan CD karena dalam pembahasan bab selanjutnya tentang proteksi banyak menggunakan istilah dalam manufaktur CD.
o   Bab V Sistem Proteksi CD, dalam bab ini akan disajikan beberapa pendekatan untuk memproteksi CD dari usaha pembajakan serta beberapa contoh program crack-nya.
o   Bab VI Penutup berisi kesimpulan dan saran dari penulis

Artikel III

Komputasi Terdistribusi

Dalam komputasi terdistribusi, suatu program dipecah ke dalam bagian-bagian yang berjalan secara simultan (bersamaan) pada banyak komputer yang berkomunikasi di atas suatu jaringan. Komputasi terdistribusi merupakan suatu bentuk dari komputasi paralel, tetapi komputasi paralel sangat umum digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian program yang berjalan secara simultan pada banyak prosesor dalam komputer yang sama. Kedua tipe pemrosesan iniy memerlukan pembagian suatu program ke dalam bagian-bagian yang berjalan secara bersamaan, tetapi program-program terdistribusi sering harus berhadapan dengan lingkungan yang heterogen, link jaringan dengan latency bervariasi, dan kegagalan yang tidak dapat diprediksi, baik di dalam jaringan maupun komputer.
Pengaturan interaksi antar komputer yang mengeksekusi komputasi terdistribusi merupakan pekerjaan utama. Agar mampu memanfaatkan berbagai jenis komputer, maka protokol atau saluran komunikasi sebaiknya tidak mengandung atau menggunakan suatu informasi yang tidak dapat dipahami oleh mesin tertentu. Sistem harus dapat memastikan messages benar-benar tersampaikan dengan benar, juga saat messages invalid maka sistem harus melakukan langkah-langkah antisipasi. Jika ini tidak ditangani kemungkinan akan menyebabkan sistem down dan berbagai aktifitas berikutnya di dalam jaringan akan ditolak (reject). Faktor penting lain adalah kemampuan untuk men-deploy software ke komputer lain secara portable sehingga memungkinkan eksekusi dan interaksi dengan jaringan yang telah ada. Ini mungkin tidak akan praktis ketika mengunakan hardware dan sumber daya berbeda, dimana kita harus memikirkan cara lain seperti cross-compiling atau melakukan porting software tersebut secara manual.
Pada sistem client-server dengan server tunggal, server akan memiliki beban yang semakin berat jika semakin banyak aplikasi yang ada di server dan semakin banyak client yang me-request aplikasiaplikasi tersebut. Salah satu solusi untuk bisa mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan sistem komputasi terdistribusi. Dalam sistem ini, aplikasi-aplikasi akan didistribusikan secara fisik maupun logik. Secara fisik, aplikasi akan didistribusikan ke beberapa mesin, sehingga server akan merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari beberapa mesin. Salah satu deskripsi sederhana untuk menjelaskan sistem terdistribusi ini adalah sistem layanan nasabah di sebuah bank. Teler ibarat sebuah server yang digunakan untuk melayani berbagai macam transaksi, seperti stor tabungan, transfer, dan pengambilan tabungan. Transaksi-transaksi itu bisa dianggap sebagai aplikasi-aplikasi yang bisa dilakukan oleh sebuah server. Jika nasabah yang antri untuk dilayani semakin banyak sementara teler hanya satu orang, maka beban teler akan berat, antrian akan sangat lama untuk bisa dilayani semua. Solusinya adalah dengan menambah beberapa teler, sehingga antrian bisa didistribusikan ke beberapa teler itu. Dalam konteks sistem terdistribusi secara logik, sistem akan dibagi-bagi berdasarkan aplikasi logik, sistem model ini tidak memandang apakah setiap aplikasi itu berada di mesin yang sama atau berbeda. Untuk membangun aplikasi komputasi terdistribusi, maka memerlukan framework yang bisa mendukung integrasi dari beberapa aplikasi. Salah satu framework yang digunakan (dan yang akan dipakai) dalam tulisan ini adalah arsitektur CORBA (Common Object Request Broker Architecture).
Definisi komputasi terdistribusi
Komputasi terdistribusi adalah bidang ilmu computer yang mempelajari sistem terdistribusi. Sebuah sistem terdistribusi terdiri dari beberapa otonom computer yang berkomunikasi melalui jaringan computer. Komputer berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Sebuah program computer yang berjalan dalam sistem terdistribusi disebut program distribusi, dan pemrograman terdistribusi adalah proses penulisan program tersebut. Komputasi terdistribusi menggunakan jaringan banyak computer, masing-masing mencapai sebagian dari tugas keseluruhan untuk mencapai komputasi jauh lebih cepat daripada dengan satu koputer. Komputasi terdistribusi juga memungkinkan banyak pengguna untuk berinteraksi dan terhubung secara terbuka. Berbagai bentuk komputasi terdistribusi memungkinkan berbagai tingkat keterbukaan, dengan kebanyakan orang menerima bahwa tingkat yang lebih tinggi keterbukaannya dalam sistem komputasi terdistribusi sangan bermanfaat.
Cara kerja komputasi terdistribusi
Cara kerja komputasi terdistribusi adalah membagikan beban kerja dan mendistribusikan ke komputer-komputer untuk diselesaikan. User hanya melakukan pengaturan sistem operasi, kemudian sistem operasilah yang melakukan tugas untuk mengorganisasi kemampuan dan tugas ke komputer-komputer itu.
Segmen internet yang paling dimengerti orang adalah World Wide Web, juga penggunaan yang paling diketahui tentang komputasi terdistribusi di arena publik. Banyak komputer yang berbeda membuat apapun ketika browsing diinternet, dengan setiap komputer diberikan peran khusus dalam sistem. Sebuah komputer di rumah misalnya digunakan untuk menjalankan browser dan untuk melihat informasi yang sedang dikirim sehingga dapat diakses oleh pengguna akhir. Sebuah server di internet sebagai penyedia layanan bertindak sebagai gateway dari sistem domain, untuk membantuk memutuskan mana komputer untuk berbicara dengan berdasarkan URL pengguna akhir. Selain itu, setiap halaman web ini dijalankan pada komputer lain.
Karakteristik Komputasi Terdistribusi
Ciri khas dari komputasi terdistribusi adalah heterogenitas dalam berbagai hal seperti perangkat keras, sistem operasi, dan bahasa pemrograman karena tidak mungkin untuk mengembangkan sistem terdistribusi yang homogen secara paksaan, karena secara alamiah sistem komputer terdistribusi tumbuh dari lingkungan yang heterogen. Kata kunci dalam menjembatani perbedaan-perbedaan yang muncul adalah interoperabilitas (interoperability).
Ciri lain dari komputasi terdistribusi adalah dimana pemakai tidak perlu menyadari komputer mana yang bekerja untuk melaksanakan tugas komputasi. Ibaratnya, pemakai ingin ini dan mendapat hasil komputasi yang diingkan tanpa memandang oleh siapa pekerjaan itu dikerjakan. Semua alokasi sumber daya dan penanganan kerja dikendalikan oleh sistem operasi. Dicirikan pula menggunakan banyak komputer yang saling terhubung dalam suatu jaringan komputer, untuk melakukan komunikasi proses antar komputer yang bekerja.
Kegunaan Komputasi Terdistribusi
Kegunaan komputasi terdistribusi antara lain adalah untuk membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang sangat besar supaya dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan akurat, memperlancar pelayanan situs web yang sering dikunjungi, pengetesan algoritma misal dalam benchmarking masalah-masalah yang berkaitan dengan algoritma genetika, pendukung server basis data yang besar dan banyak client pengaksesnya, dan lain sebagainya. Seperti diketahui bahwa kebutuhan manusia akan komputasi yang cepat dan akurat yang tidak dapat ditangani oleh sebuah mesin komputer misal perhitungan dalam peramalan posisi benda langit di lembaga penelitian luar angkasa. Selain itu digunakan pula untuk menangani beban permintaan yang besar semisal search engine agar mampu menangani ribuan request serentak tanpa mengalami gangguan penundaan pelayanan, contohnya Google yang memiliki komputer cluster terbesar didunia.
Dampak adanya komputasi terdistribusi
Dampak dengan adanya komputasi terdistribusi adalah mempercepat penyelesaian tugas oleh komputer. Karena pengerjaannya paralel oleh karena itu dapat selesai dengan cepat dan dapat mengatur beberapa komputer dengan sistem operasi. Dampak yang paling terasa adalah pada bidang animasi. Jika pada saat merender suatu video animasi yang berdurasi panjang dengan menggunakan 1 komputer maka penikmat film akan dapat menonton film animasi tersebut beribu-ribu tahun lamanya. Dengan komputasi terdistribusi dapat dipercepat proses renderingnya dengan membagikan tugas-tigas kesetiap komputer yang saling terhubung.
Kesimpulan
Komputasi terdistribusi adalah suatu sistem yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan manusia sehari-hari. Mungkin apabila komputasi terdistribusi tidak ditemukan kita masih menunggu waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan komputer. Komputasi terdistribusi ini tidak lepas dari namanya jaringan komputer kerena dengan jaringan komputer inilah beberapa komputer dapat bekerja sama.

Artikel IV
Sejarah Komputasi Modern
John Von Neumann adalah salah satu ilmuwan terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer modern. John Von Neumann meningkat karya-karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.
Von Neumann dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.
Kegeniusannya dalam Matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Pada usia 17 tahun, Von Neumann sudah memublikasikan paper-nya sendiri untuk Journal of the German Mathematical Society. Pada tahun 1926, Von Neumann lulus dengan dua gelar yaitu gelas S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Semua itu di peroleh pada usia 23 tahun. Setelah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton serta menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.
Dipicu ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.
Pada 8 Februari 1957 John Von Neumann pun meninggal dunia. Pada umur beliau yang singkat ini Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21 karena idenya dalam Arsitektur Komputer atau Penggegas Komputasi Modern. Beliau pantas kita sebut sebagai Bapak Penggagas Komputasi Modern.
Definisi Komputasi Modern
Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel. Karena perkembangan jaman maka komputasi sekarang menggunakan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah maka disebut dengan Komputasi Modern. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah yang ada, perhitungan komputasi modern yaitu seperti :
§ Akurasi (bit, floating point)
§ Kecepatan (dalam satuanHz)
§ Problem volume besar (paralel)
§ Modeling (NN dan GA)
§ Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)
Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.
Teknologi komputasi adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Ia merupakan bagian spesifik komputer dari teknologi informasi.
Pengertian Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi juga bisa diartikan sebagai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dariinputan data dengan menggunakan algoritma.
Karakteristik Komputasi Modern
Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
1) Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2) Komputer-komputer terhubung ke jarinagn yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3) Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Jenis-jenis Komputasi Modern
Jenis-jenis komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :
1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
Ø Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
Ø Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
Ø Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Berikut ini adalah perbedaan dan persamaan komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud.
Perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud :
* Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
* Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
* Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
* Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Persamaan antara komputasi mobile, komputasi grid, dan komputasi cloud :
* Ketiganya merupakan metode untuk melakukan komputasi, pemecahan masalah, dan pencarian solusi.
* Ketiganya memerlukan alat proses data yang modern seperti komputer, laptop atau telepon genggam untuk menjalankannya.
Dampak Adanya Komputasi Modern
Dampak dari adanya komputasi modern adalah dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer. Salah satu contohnya adalah biometric. Biometric berasal dari kata Bio dan Metric. Kata bio diambil dari bahasa yunani kuno yang berarti Hidup sedangkan Metric juga berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti ukuran, jadi jika disimpulkan biometric berarti pengukuran hidup.
Tapi secara garis besar biometric merupakan pengukuran dari statistic analisa data biologi yang mengacu pada teknologi untuk menganalisa karakteristik suatu tubuh (individu). Dari penjelasan tersebut sudah jelas bahwa Biometric menggambarkan pendeteksian dan pengklasifikasian dari atribut fisik. Terdapat banyak teknik biometric yang berbeda, diantaranya :
o Pembacaan sidik jari / telapak tangan
o Geometri tangan
o Pembacaan retina / iris
o Pengenalan suara
o Dinamika tanda tangan.
Dan menurut Don Tapscott (1995) dalam bukunya yang berjudul “The Digital Economy : Promise and Peril In The Age of Networked Intelligence” menggambarkan bagaimana dampak teknologi komputasi pada kehidupan manusia. Aplikasi teknologi kurang sempurna tanpa dukungan mesin pintar yang berkemampuan analitik. Kehadiran teknologi komputasi yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Berikut ini hal-hal yang menggambarkan konsep kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi teknologi.
1. Produk yang digerakkan sistem komputer
a. Smart car (mobil pintar)
b. Smart card (kartu pintar)
c. Smart house (rumah pintar)
d. Smart road (jalan pintar)
2. Perancangan produk dikelola oleh komputer
3. Proses kerja yang digerakkan oleh komputer
4. Komputer menjadi sarana komunikasi yang efektif
5. Komputer sebagai pusat informasi
Di samping berdampak struktural pada peri kehidupan manusia, teknologi juga membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang diterpanya. Inilah gejala yang oleh N. Postman disebut technopoly, yang olehnya digambarkan sebagai berikut :
“Technopoly is a state of culture. It is also a state of mind. It consist in the deification of technology, which means that the culture seeks it’s satisfactions in technology, and takes it’s orders from technology”
Maka, yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat siap memasuki zaman yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya pembangkit budaya baru tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri. Dengan demikian, maka tidak keliru pula untuk menyatakan bahwa dominasi teknologi akan berlanjut dengan berseminya budaya baru yang melahirkan berbagai nilai baru pula yang cenderung menjadi acuan perilaku manusia modern dalam berbagai pola interaksi dengan sesamanya.
Kesimpulan
Konsep dasar arsitektur komputer modern adalah konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. John Von Neumann juga merupakan salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern. Komputasi modern memiliki beberapa jenis, yaitu Mobile Computing, Grid Computing dan Cloud Computing.

Komputasi merupakan subbagian dari ilmu komputer dan matematika. Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Karena perkembangan jaman maka komputasi sekarang menggunakan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah maka disebut dengan Komputasi Modern.
Komputasi modern dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer.
Dan dapat disimpulkan komputasi yang menggunakan komputer bisa disebut dengan Komputasi Modern. Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
* akurasi : yang berhubungan dengan bit dan floating point
* kecepatan : dalam satuan hertz (processor tunggal, pipeline, parallel processing)
* problem volume besar : down sizing, parallel
* modelling : NN, GA
* kompleksitas : menggunakan teori big O.

Artikel V

Artikel Komputer, Internet dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat

           “The internet is like a huge city. There are some streets where the whole family feels comfortable and other streets where you probably would not want to take your children”(Joseph R. Dominick)
Apa itu komputer?
            Era modern membawa kita hidup dengan segala kemudahan. Komputerisasi dan Digitalisasi saat ini menjadi poin penting dan bertanggung jawab atas segala kemudahan yang kita rasakan. Ketika berada di kantor kita tidak perlu lagi membuat data secara manual, karena di depan kita sudah tersaji Personal Computer (PC), dimana mayoritas data pekerjaan kita ada disana. Kita juga seringkali gusar ketika komputer kita tidak bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan, kemungkinan terkena virus atau juga kerusakan pada software maupun hardwarenya. Hal tersebut sangat menghambat pekerjaan. Lalu apa arti komputer sebenarnya? Mengapa saat ini kita merasa sangat tergantung dengan benda ini?

            Berdasarkan sejarahnya Chris Roberts[1] mengatakan bahwa komputer digunakan untuk menyelesaikan perhitungan matematika. Oleh karena itu pada awal kemunculannya kalkulator disebut sebagai komputer. Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi[2]. Komputer pun berkembang dari hanya berupa alat permbuat kode rahasia bernama ENIGMA, yang hanya bisa mengerjakan satu tugas saja. Lalu pada tahun 1975 muncul MITS Altair 8800 yang merupakan komputer mikro pertama yang dijual umum. Komputer ini sudah terpasang bahasa pemrograman BASIC. Tahun 1976 lahirlah Cray I yang disebut sebagai supercomputer, karena merupakan komputer yang paling canggih.
              Istilah Personal Computer (PC) muncul pada tahun 1977 sejak Apple memproduksi Apple II Commodore PET. Lalu pada tahun 1982 Compac memperkenalkan komputer portabel, mobile computer pertama merupakan cikal bakal notebook yang sekarang menjadi populer. Tahun 1984 Apple memproduksi komputer Macintosh, dengan menggunakan tampilan grafik (Grpahical User Interface (GUI)). Lalu era teknologi membawa komputer berkembang sangat pesat hingga kini. Personal Computer menjadi sangat canggih, memanjakan penggunanya dengan pertambahan fitur-fitur software dan hardware yang terus mengalami inovasi ke arah kemajuan dan semakin memudahkan.

Selain notebook, kini ada netbook, perangkat komputer nirkabel yang lebih kecil dari notebook, sehingga memudahkan penggunanya untuk bekerja secara lebih mobile dan juga bisa mengakses internet. Ada lagi komputer dalam genggaman seperti PDA (Personal Digital Assistant), yang merupakan alat elektronik nirkabel menyerupai handphone yang banyak digunakan sebagai alat pengorganisir kegiatan pribadi. Lalu muncul Blackberry pada tahun 1997 yang diperkenalkan oleh perusahaan kanada Research In Motion (RIM). Sedangkan di Indonesia sendiri Blackberry baru diperkenalkan pada tahun 2004 melalui operator Indosat dan Starhub. Karena fitur-fiturnya yang lengkap, mulai tahun 2008 hingga kini Blackberry menjadi sangat populer dikalangan remaja dan eksekutif muda bahkan mencakup ke segala usia.
Internet dan Pengaruhnya
               Tiga situs yang paling diakses anak-anak dan remaja berusia 18 tahun ke bawah di Internet adalah Youtube, Google, dan Facebook. Parahnya kata kunci yang sering sekali dicari adalah “porn” dan “seks”. Itulah temuan yang didapat oleh perusahaan penyedia solusi keamanan Norton sepanjang tahun 2009[3].
               Kasus hilangnya Marietta Nova Triani atau Nova, Gadis berusia 14 tahun asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu ditemukan di Tangerang, Banten, beberapa waktu dibawa kabur seorang lelaki yang dikenalnya melalui Facebook. Kasus Nova bukan satu-satunya kasus penculikan anak melalui status jejaring sosial terpopuler di Indonesia itu. Nasib yang sama juga menimpa Stefani Abelina Tiur Napitupulu (14) asal Surabaya serta Sylvia Russarina (23) yang berdomisili di Semarang. Yang mengerikan ialah hilangnya anak-anak gadis itu diiringi dugaan telah terjadi pelecehan seksual atau tindak pencabulan[4]
                Penipuan yang terjadi lewat internet sangat gencar diperbicarakan oleh banyak pihak, terutama menyoroti banyaknya korban yang tertipu oleh para penipu di internet. Biasanya para penipu tersebut disebut dengan hacker yang mana tujuannya untuk menipu, merusak, dan mencuri dokumen-dokumen penting personal maupun perusahaan lewat internet[5]. Biasanya pelaku mengirimkan melalui email dengan alasan telah memenangkan hadiah terhadap suatu produk barang tertentu. Namun yang terjadi adalah pelaku mencuri data dan melakukan tindakan kriminal lain.
                 Kecanduan merupakan dampak yang juga membahayakan dari internet. Seorang gamer online misalnya, tidak akan terasa berada di depan komputer memainkan game yang ia sukai sampai satu hari penuh tanpa berhenti sekalipun. Ia merasa ada yang kurang bila sejam saja tidak dihabiskan waktunya untuk memainkan game kesayangannya. Ada imajinasi yang membuatnya terus memikirkan dunia yang ia tafsirkan sendiri tersebut. Permainan Gun Bound atau Ragnarok Online misalnya, yang popular di Indonesia pada tahun 2003an. Membuat penggemarnya terus mencari cara untuk membentuk dan mengupgrade avatar yang dipunyainya. Hingga beberapa teman pada waktu itu membeli kelengkapan avatar pada permainan gunbound dengan uang diatas satu juta rupiah, bahkan ada yang menukarkan motornya hanya untuk sebuah kenaikan level dalam permainan[6].

Empat kasus tersebut membuat kita berpikir apakah sedemikian burukkah dampak internet terhadap penggunanya. Mengapa harus ada internet? Perubahan apa saja yang sudah diperbuat oleh internet hingga masyarakat kini seakan berhati-hati terhadapnya?
                 Internet menurut Dominick (2009 : 277) adalah sebuah jaringan dari jaringan-jaringan komputer. Berarti bahwa adanya sebuah sistem yang menggabungkan satu komputer dengan satu komputer server yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan pertemuan di seluruh dunia melalui jaringan ini. Sebelum internet muncul ada sebuah sistem yang dikenal dengan nama Arpanet, merupakan sebuah jaringan yang dibuat untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dan menggunakan internet protocol packet. Sistem ini digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengontrol serangan nuklir pada tahun 1970.
                 Ada tiga masa perkembangan internet, pertama lahirnya World Wide Web (WWW) pada tahun 1990. Program ini memungkinkan adanya sebuah halaman yang terdiri dari hypertext, yaitu sebuah gabungan dari teks, grafik dan komponen navigational tools dalam sebuah dokumen elektronik yang termuat di halaman web. Perkembangan kedua adalah diciptakannya browser yang dinamakan Mosaic pada tahun 1993, sesuatu yang memudahkan kita untuk berselancar di web. Setelah itu pada tahun 1994 pengembang dari mosaic kemudian membentuk perusahaan komersial yang bernama Netscape. Lalu Microsoft ikut bersaing dengan memproduksi Internet Explorer. Setelah itu muncul juga Mozilla Corporation yang mengeluarkan Mozilla Firefox yang kini sudah sampai versi Mozilla Firefox 3.1.9.3. Perkembangan yang ketiga adalah search engine, sebuah utilitas yang bisa membaca dan mencari data dan informasi yang dibutuhkan berdasarkan kriteria dari pengguna internet. Search engine yang kita kenal saat ini adalah google dan yahoo!.
                  Menurut Dominick ada lima hal yang biasanya dilakukan orang dengan menggunakan internet, yaitu, berkirim email, mencari berita terbaru, membeli sesuatu, membayar tagihan, dan mengirim pesan. Lalu 40 persen orang online biasanya sambil menonton televisi, dan 23 persen mendengarkan radio. Lalu perkembangan Web 2.0 memungkinkan seseorang untuk blogging, bertukar video, sosial networking, bermain permainan online, dan banyak kegiatan lain yang mungkin akan berkembang. Seperti saat ini di Indonesia sedang maraknya berkomunikasi melalui Facebook, mengupdate status melalui twitter dan juga chatting melalui yahoo messengger.
                  Empat kasus yang telah dikemukakan pada awal pembahasan mengenai internet di atas merupakan dampak buruk dari sebuah penggunaan internet di Indonesia. Kemudahan dari hasil perkembangan teknologi salah satunya adalah menyebabkan situs-situs di internet begitu mudah diakses tanpa batas. Kita hanya dengan mengetik sesuatu pada search engine lalu muncul banyak tafsiran yang bisa kita pilih bahkan tanpa kontrol. Inilah celah kosong yang bisa menjadi bumerang bagi pertemuan teknologi khususnya internet dengan masyarakat. Joseph R. Dominick mengemukakan lima implikasi sosial dari internet,
                   Pertama, munculnya model baru berita. Media konvensional seperti televisi, majalah, koran dll menyajikan berita dengan menggunakan pola berpikir jurnalistik tradisional, dimana keputusan atas berita yang layak terbit atau tidak, ada di tangan editor maupun produser. Namun itu tidak berlaku pada berita di New Media seperti Internet, yang menyajikan berita apa adanya secara sangat subjektif tanpa adanya sentuhan dari tangan kedua. Sehingga berita dalam New Media bisa menjadi check and balance dari berita di media konvensional. Berita di internet juga merupakan hasil interpretasi dari subjek pembuat berita yang seringkali memasukkan unsur subjektifitas seperti opini dalam sebuah topik berita, yang terkadang kebenarannya masih perlu dibuktikan lebih lanjut.
                  Kedua, tidak adanya gate keepers yang menyaring informasi. Coba bayangkan bila media-media konvensional tidak ada seseorang atau institusi yang bertanggungjawab terhadap arus informasi yang keluar. Bahwa pasti arus informasi akan menjadi liar dan tidak bertanggungjawab. Itulah yang terjadi di dalam internet. Informasi sangat banyak bahkan terlalu banyak hingga setiap informasi menjadi sangat bebas dan tidak jelas maksut dan siapa pengirimnya. Lalu kemudian ketidakadaan gatekeepers berarti tidak ada sensor. Contohnya pada situs www.kaskus.us pada forum klub debat, dimana setiap orang bebas menyuarakan opininya yang seringkali menyerang bahkan menyudutkan ras dan agama tertentu. Kalau sudah seperti ini informasi yang ada bahkan bisa saja menyesatkan karena tidak adanya kontrol.
                  Ketiga, terlalu penuhnnya informasi. Dominick menganalogikan internet sebagai sebuah kota besar, dimana kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang tanpa tatap muka secara langsung dan bertukar informasi tanpa batas. Terlalu banyaknya informasi di internet kadang membuat kita harus membatasi pencarian kita di search engine dengan mode safe search, agar pencarian kita tidak melebar bahkan tidak menyerempet ke arah porno. Ini merupakan celah besar yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak dalam mengakses pornografi di internet. Sebuah dampak dari penuhnya informasi tanpa batas yang dapat dimanfaatkan secara negatif oleh pengguna internet.

                    Keempat, perhatian terhadap masalah pribadi. Internet mebuat orang terbuka terhadap masalah pribadinya. Nomor telpon, tanggal lahir, umur, alamat rumah, bahkan status perkawinan seseorang dengan sangat mudah berada di internet. Dahulu ketika internet masih belum ada ataupun populer di Indonesia, kita merasa sangat enggan sharing mengenai umur dan alamat rumah ke orang baru. Namun internet membuat kita menggeser budaya itu sedikit demi sedikit hingga tidak ada lagi yang dinamakan tabu. Saat ini banyak tersebarnya foto-foto pribadi hubungan intim seseorang dengan pasangannya dapat dengan mudah didapatkan di situs-situs seperti facebook lalu dishare secara bebas melalui www.krucil.com, dimana semua orang dapat melihat itu tanpa batasan. Sehingga kasus-kasus seperti penculikan melalui facebook dan juga penipuan-penipuan lainnya merupakan dampak dari minimnya perhatian terhadap hal-hal yang bersifat pribadi.
               Kelima, Penghindaran dan isolasi. Internet membuat orang rela berjam-jam berselancar untuk berkirim email, online chating, bermain game, belanja online, dan juga cybersex. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi kecanduan internet, dimana internet disamakan dengan kcenaduan drugs dan alkohol. Setelah kecanduan, seseorang biasanya akan merasa ada yang kurang bila tidak online dan melakukan hal yang biasa dilakukan. Saat ini bila kita perhatikan di sekeliling kita, bila melihat seseorang sendiri, mereka biasanya membuka handphone mereka atau Blackberry yang sedang booming disini untuk sekedar menyapa temannya lewat Yahoo Messenger ataupun update status via facebook atau twitter, mereka terkadang tersenyum sendiri menatap layar benda dalam genggamannya. Yang sangat berbahaya dari fenomena ini adalah bila kegiatan tersebut mengganggu waktu bekerja. Bahkan untuk menyikapi hal ini beberapa kantor menonaktifkan situs facebook dan twitter pada jaringan kantor mereka. Namun karena kecanduan, para pekerja sudah siap membawa Blackberry mereka dan bisa tetap online waktu bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar