PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT
1.1 PENDAHULUAN
Tanpa
kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di
negara maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia.
Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya
seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya.
Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya
untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan
kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Para
ahli-ahli fisika, elektronika dan komputer telah mengembangkan
microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu banyak
digunakan sebagai bagian pengendali dari produk tenaga lain seperti
peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer
pribadi dan hal ini terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Komputer
pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah
berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer,
pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun
laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga
sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon,
kartu kredit dan lain sebagainya.
Pada
dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan,
mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh
berikut ini :
-Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
-Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
-Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
-Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
-Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
-Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
-Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Beberapa contoh diatas merupakan sedikit contoh pemanfaatan komputer di berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang lain yang belum disebutkan. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat.
-Meter pompa injeksi (beban mesin)
-Alternator (putaran mesin/menit)
-Sistem pendinginan mesin
-Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuanagan gas
-Gigi transmisi
-Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
-Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
-Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
-Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
-Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
-Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
-Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Beberapa contoh diatas merupakan sedikit contoh pemanfaatan komputer di berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang lain yang belum disebutkan. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat.
1.2 Beberapa Aplikasi Penting
Komputer
merupakan penemuan yang sangat penting dan mendasar. Komputer tidak
hanya membantu melaksanakan pekerjaan akan tetapi mengubah cara kerja
dan sekaligus menimbulkan tantangan dan permasalahan baru dalam
lingkungan.
1.2.1 Mobil Pandai
Pengolah mikro telah dimanfaatkat untuk
meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil. Misalnya
pada tahun 1985, oldsmobile dari US telah menerapkan sistem kendali
berbasis pengolah mikro pada produknya. Pengolah mikro mendapatkan
masukan data dari beberapa sumber, seperti : -Meter pompa injeksi (beban mesin)
-Alternator (putaran mesin/menit)
-Sistem pendinginan mesin
-Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuanagan gas
-Gigi transmisi
Data
masukan tersebut diolah oleh pengolah mikro untuk mengadakan tindakan
pencegahan agar mesin tidak terlalu panas, memantau putaran mesin, beban
mesin dan penggunaan gigi transmisi yang tepat dan sesuai dengan
kebutuhan.
1.2.2 Perpustakaan Elektronik
Ruang
dan waktu merupakan dua permasalahan utama yang dihadapi oleh
Perpustakaan dewasa ini. Biaya yang diperlukan untuk menyimpan buku,
majalah, jurnal, surat kabar dan makalah terus membengkak. Disamping hal
itu, beban petugas perpustakaan untuk melayani pembaca untuk menemukan
bahan bacaan yang diperlukan semakin hari semakin berat karena jumlah
bacaan yang semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan lambatnya
pelayanan.
Permasalahan
tersebut dicoba diatasi dengan bantuan komputer. Komputer pada sat ini
sudah mampu menggantikan katalogdan berdaya tampung besar. Sistem basis
data jugatelah berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam
jumlha yang amat besar. Kemajuan dalam tekhnik pencarian kembali
informasi telah memungkinkan dilakukan pencarian kembali informasi dalam
waktu yang singkat.
Perkembangan
tekhnik pencetakan dengan bantuan komputer membuaka nuansa baru dalam
penyimpanan informasi. Buku atau majalah yang dicetak selalu diolah dan
diperiksa ulang dengan komputer, sehingga informasi elektronis dapat
diperoleh secara langsung.
1.2.3 Pengendalian Lalu-lintas Udara
Lalu-lintas
udara merupakan lalu-lintas yang paling rawan dalam kehidupan manusia,
walaupun di indonesia jumlah penerbangannya masih relatif rendah
dibandingkan dengan negara-negara maju. Walaupun demikian pengendalian
lalu-lintas udara sudah dilaksanakan secara modern, dilakukan dengan
peralatan canggih berbasiskan komputer. Hal ini dilakukan karena
kelalaian dalam pengendalian lalu-lintas udara akan berakibat fatal.
1.2.4 Pengolahan Data Cuaca
Data
cuaca dikumpulkan dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun
pemantau di bumidan diangkasa. Data ini disalurkan melalui saluran
telekomunikasi internasional ke pusat pengolahan data cuaca. Untuk
memembentuk model peraamalan cuaca lokal.
1.2.5 Permainan Video
Permainan
ini cepat sekali mendapat pasaran dan terutama sekali di gemari oleh
generasi muda. Berbagai jenis permainan yang belum pernah ada terwujud
menjadi kenyataan. Tempat permainan tersebar dimana-mana di pusat-pusat
perbelanjaan, rekreasi atau di dekat-dekat sekolah. Sehingga anak-anak
muda mulai melupakan kewajibannya sebagai murid atau sebagai anggota
masyarakat. Para pendukung permainan ini menyatakan bahwa sifat
permainan adalah mendidik dan meningkatkan koordinasi antara mata dan
tangan. Ada sementara pendapay yang mengatakan bahwa anak muda yang
menyukai permaianan video mereka akan tertarik dengan komputer dan
pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak
digunakan untuk permainan dari pada pemrogramman.
Pengenalan Internet
1.1 Pengertian Internet
Internet
adalah kumpulan komputer pribadi yang terkait satu dengan lainnya dalam
bentuk jaringan. Jaringan tercipta melalui saluran telekomunikasi,
seperti telepon. Komputer pribadi dapat berada di berbagai tempat yang
terpisah, baik didalam wilayah nasional maupun internasional.
Setiap
komputer pribadi yang tergabung dalam jaringan dapat berkomunikasi
dalam bentuk pertukaran data lateral citra dan suara. Seketika itu dan
dalam dua arah. Istilah lain untuk internet adalah dunia maya,
cyberspace,homepage ata www (world wide web)
Internet
adalah milik masyarakat dunia. Tidak ada orang atau lembaga yang dapat
mengklaim Internet sebagai miliknya sendiri. Sebagai warga internet,
anda dapat melakukan pertukaran teks dan berbagai pesan dengan berjuta
manusia dalam bisnis, akademi, pemerintahan dan organisasi lain,
mengakses perangkat lunak, dokumen tentang seni, politik, kebudayaan,
gambar, peta, cuaca, katalog perpustakaan dan berbagai informasi dari
berbagai tempat diseluruh dunia.
Internet
diibaratkan sebagai suatu kota elektronik berukuran raksasa, dimana
setiap penduduk memiliki alamat yang dapat digunakan untuk berkirim
surat. Jika ingin berkeliling kota cukup dengan komputernya sebagai
kendaraan.
Pengoperasian
jaringan bertumpu diatas sarana telekominikasi. Jalur lambatnya
menggunakan modem dan saluran telepon; sedangkan jalur cepatnya
menggunakan ISDN atau frame relay.
1.2 Perkembangan Internet
Internet
telah menciptakan dunia baru bagi kehidupan manusia. Yang kemunculannya
dimulai dimulai ketika departemen pertahanan Amerika Serikat membuat
proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) dengan sebutan ARPAnet.
ARPAnet semuala dirancang untuk menemukan jaringan komputer handal, dan
smpai berapa besar informasi dapat dipindahkan dan semua standard yang
ditentukan menjadi cikal bakal untuk pengembangan protokol baru yang
dikenal dengan TCP\IP.
Lalu NSF (National Science Foundation) melanjutkan proyek ini dan
kemudian menciptakan jaringan sendiri bernama NSFnet berdasarkan
teknologi IP yang dipakai oleh ARPAnet dengan saluran telepon sebagai
sarana transmisi. Karena biayanya terlalu tinggi, maka pihak NSF
memutuskan membuat alternatif dimana komputer akan berhubungan dengan
jaringan lokal, kemudian jaringan lokal ini meneruskan ke jaringan
komputer lainnya.
Alternatif ini berhasil, sehingga jaringan komputernya dikembangkan
lebih lanjut oleh Merit Network Inc bekerja sama dengan IBM dan MCI,
namun demikian hubungan masih terbatas pada lingkungan akademi, lembaga
penelitian dan instansi pemerintah di Amerika Serikat.
1.3 Fasilitas Internet
Internet
sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah
pemakainya untuk berkomunikasi dan memeperoleh informasi. Berikut ini
dilampirkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh internet, antara lain
:
· E-mail
· Mailing List (kelompok diskusi)
· File server/transfer
· Web/Distributed Multimedia database, serata
· Video dan Suara
Surat
elektronik (E-mail), Dengan menggunakan fasilitas ini anda dapat
berkirim surat dan file antar komputer keseluruh dunia hanya membayar
pulsa telepon lokal dan berita yang anda kirim akan sampai ketujuan
dalam beberapa menit.
Kelompok
diskusi (mailinglist), Fasilitas ini dibangun dengan tekhnik yang sama
dengan proses penyebaran elektronik. Dengan fasilitas ini berita di
distribusikan kebanyak pengguna sekaligus, sehingga penggunanya dapat
melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa
terikat oleh waktu dan ruang.
File
server/transfer. Fasilitas ini memungkinkan anda menyalin file yang
anda perlukan yang ada di internet dan menyimpannya pada file komputer
anda.
Web/Distributed Multimedia Database, fasilitas yang memudahkan anda dalam melakukan navigasi informasi di internet.
Fasilitas Video dan Suara, dengan fasilitas ini anda dapat menemukan suara dan gambar yang banyak tersedia di internet.
1.4 Tipe Koneksi Internet
Dalam
melakukan penyambungan atau conection dengan internet terdapat beberapa
cara yang disesuaikan dengan tingkat pengaksesan dari komunikasi
internet. Ada tiga tipe koneksi dari internet yaitu :
· Online atau dial,
account melalui internet provider account ini sering disebut pula
sebagai shell account. Pengguanaan ini terbatas lebih diutamakan pada
biaya rendah. Online accounts disediakan dari beberapa fasilitas yaitu
internet provider, online service secara komersial dan universitas,
pemerintahan atau organisasi non profit.
· Koneksi SLIP/PPP,
Dengan koneksi ini maka transfer data lebih cepat sehingga anda dapat
menjalankan program yang ada diinternet, anda tidak perlu lagi mengirim
data per karakter melalui modem
Fasilitas yang dapat disewa atau leased line.
Untuk memakai line yang disewa perlu memakai TCP/IP software pada suatu
LAN. Untuk membuat suatu fasilitas yang dapat disewa sangat kompleks
dan diperlukan waktu. Biasanya perusahaan yang menggunakan line ini
dipakai untuk dijual lagi keperusahan menengah dan kecil.